How to Build Image and Reputation of University ?

Dalam sebuah bisnis pasti sangat di butuhkan citra yang baik bagi sebuah perusahaan. konsumen juga akan menyeleksi perusahaan salah satunya dari citra yang di bangun oleh perusahaan baik mengenai produknya ataupun prosesnya. begitu pula dengan calon mahasiswa yang akan memilih universitas yang ingin mereka masuki.

Salah satu contoh universitas yang memiliki citra baik di masyarakat adalah London Business School. London Business School sendiri dapat menarik biaya 5 kali lebih banyak daripada institusi lain dengan peringkat lebih rendah meskipun memiliki kurikulum serupa. Universitas ini menarik di sebabkan umur berdiri nya yang menjadi tolak ukur. sebab, Usia universitas di Eropa secara statistik dapat dikaitkan dengan keunggulan penelitian yang berarti bahwa daya tarik staf yang memiliki reputasi baik dipengaruhi oleh branding yang ditunjukkan oleh usia institusi dan gaya bangunan

Ada beberapa perbedaan yang signifikan antara perguruan tinggi dan perusahaan salah satunya terletak pada kegiatan dimana perusahaan mengarahkan kegiatannya untuk kepuasan pemegang saham dan memperoleh keuntungan, sedangkan perguruan tinggi tidak memiliki kegiatan yang jelas. Ambiguitas ini disebabkan oleh kenyataan bahwa perguruan tinggi sangat bergantung pada dana negara sehingga berbagai aspek kegiatannya harus sejalan dengan kebijakan pemerintah.

Seperti halnya perusahaan yang memiliki beberapa divisi untuk meningkatkan kinerja serta citra mereka di masyarakat, Universitas pun memiliki beberapa Jurusan maupun fakultas untuk menjadi daya tarik unggulan mereka. Citra dan reputasi universitas tidak ditentukan oleh lokasi dan usia institusi, meskipun diakui dipengaruhi oleh keduanya, misalnya London School of Economics (LSE) tidak terletak di lokasi yang strategis di London dan gedungnya.

Berikut hal yang perlu di perhatikan untuk meningkatkan citra Universitas :

Pertama, humas seperti humas memainkan peran yang sangat penting dalam promosi universitas jika reputasi universitas adalah aset utama. Dibutuhkan strategi dan keterampilan manajemen dalam melakukan promosi yang dapat menggunakan TV, radio, surat kabar, website, dan media sosial.

Kedua, strategi lain yang dapat digunakan adalah kegiatan open house dengan mengundang pelanggan beserta undangan ke media massa dan strategi lainnya melalui pembentukan opini yang dirancang untuk memperkuat dan meningkatkan citra akademik.

Ketiga, perguruan tinggi juga dapat memanfaatkan art center, theater, science park, conference center, sebagai upaya horizontal branding untuk diasosiasikan secara kuat dengan aspek nonakademik dalam rangka promosi.

Keempat, strategi lain terkait dengan penampilan eksternal universitas dengan meningkatkan citra visual universitas, sehingga universitas tidak terlihat.

Kelima, keberadaan “kampus menarik yang terawat” juga dapat dijadikan nilai jual yang penting bagi pelanggan, sehingga dapat memberikan keyakinan bahwa eksternal universitas dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi kebanggaan pelanggan.

Keenam, kampus juga harus memiliki staf yang membantu, positif, dan ramah serta memiliki semangat dan prinsip pemasaran yang tinggi dengan sukses sehingga dapat menentukan bagaimana universitas memandang organisasi.

Ketujuh, universitas tidak memiliki langsung seperti organisasi komersial, tetapi dengan cara yang sama universitas dapat melayani pelanggan baru dengan menunjukkan gedung penjualan mana, kantin, laboratorium, bagaimana area parkir dikelola, dan bagaimana menangani barang pelanggan yang hilang dengan cepat.

Universita yang memiliki citra yang baik juga mempengaruhi dan memberikan manfaat yang signifikan bagi internalnya. Upaya menghabiskan banyak uang untuk membangun reputasi atau citra merek tanpa substansi pendukung mungkin tidak efektif secara eksternal dalam jangka panjang dan akan menimbulkan skeptisisme dan kurangnya kepercayaan diri secara internal, tetapi universitas yang berhasil berinvestasi dalam membangun reputasi publik dapat memperkuat posisinya secara internal dan eksternal.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyusun rencana Bisnis

Pengertian Digital Marketing dan penerapanya pada Kuliner