How to Build Image and Reputation of University ?
Dalam sebuah bisnis pasti sangat di butuhkan citra yang baik bagi sebuah perusahaan. konsumen juga akan menyeleksi perusahaan salah satunya dari citra yang di bangun oleh perusahaan baik mengenai produknya ataupun prosesnya. begitu pula dengan calon mahasiswa yang akan memilih universitas yang ingin mereka masuki.
Pertama, humas seperti humas memainkan peran yang sangat
penting dalam promosi universitas jika reputasi universitas adalah aset utama.
Dibutuhkan strategi dan keterampilan manajemen dalam melakukan promosi yang
dapat menggunakan TV, radio, surat kabar, website, dan media sosial.
Kedua, strategi lain yang dapat digunakan adalah kegiatan
open house dengan mengundang pelanggan beserta undangan ke media massa dan
strategi lainnya melalui pembentukan opini yang dirancang untuk memperkuat dan
meningkatkan citra akademik.
Ketiga, perguruan tinggi juga dapat memanfaatkan art center,
theater, science park, conference center, sebagai upaya horizontal branding
untuk diasosiasikan secara kuat dengan aspek nonakademik dalam rangka promosi.
Keempat, strategi lain terkait dengan penampilan eksternal
universitas dengan meningkatkan citra visual universitas, sehingga universitas
tidak terlihat.
Kelima, keberadaan “kampus menarik yang terawat” juga dapat
dijadikan nilai jual yang penting bagi pelanggan, sehingga dapat memberikan
keyakinan bahwa eksternal universitas dikelola dengan baik sehingga dapat
menjadi kebanggaan pelanggan.
Keenam, kampus juga harus memiliki staf yang membantu,
positif, dan ramah serta memiliki semangat dan prinsip pemasaran yang tinggi
dengan sukses sehingga dapat menentukan bagaimana universitas memandang
organisasi.
Ketujuh, universitas tidak memiliki langsung seperti
organisasi komersial, tetapi dengan cara yang sama universitas dapat melayani
pelanggan baru dengan menunjukkan gedung penjualan mana, kantin, laboratorium,
bagaimana area parkir dikelola, dan bagaimana menangani barang pelanggan yang
hilang dengan cepat.
Terimakasih pak
ReplyDelete