Pengertian Digital Marketing dan penerapanya pada Kuliner

Apa itu marketing? Menurut Caroline Forsey dari Hubspot, marketing atau pemasaran adalah proses untuk membuat masyarakat tertarik pada produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Untuk melakukan proses ini, perlu dilakukan riset pasar, analisis, dan pencarian pelanggan yang ideal.

Definisi dari pemasaran yang amat luas menjelaskan bagaimana proses di dalam marketing itu sendiri. Pemasaran bahkan dimulai dari proses pengembangan produk, metode distribusi yang akan dilakukan, penjualan produk atau jasa, dan periklanan.

Perkembangan teknologi membuat definisi pemasaran meluas. Saat ini ada dua jenis pemasaran: online dan offline. Dua konsep ini dipisahkan oleh mediumnya, di mana online menggunakan internet, sementara offline tidak. 

merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0. Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah bit (binary digit).

Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner seperti saklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu off (0) dan on (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.

Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi khatulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan. Secara psikologis, manusia terbentuk dengan dua sifatnya, yaitu baik dan buruk. Konsep Yin dan Yang ternyata juga bersentuhan dengan konsep digital ini.

Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Namun tahukah Anda bahwa digital marketing ternyata sudah ada sejak lama?

Istilah digital marketing memang baru ramai seiring dengan semakin banyaknya penggunaan internet. Namun ternyata teknologi digital sudah mulai dipakai sejak tahun 1910. Pada waktu itu ada sebuah stasiun radio yang menyiarkan secara langsung pertunjukan opera dari gedung Metropolitan Opera di New York dan dapat didengarkan oleh orang-orang di beberapa lokasi yang berbeda di New York menggunakan earphone.

Perkembangan komputer dan selanjutnya kelahiran internet memperluas pengertian digital marketing. Digital marketing yang ditenagai internet menjadi semakin bertaring dalam menjangkau milyaran orang dengan biaya yang lebih rendah dari sebelumnya. Berbeda dengan sebelum adanya internet, aktivitas digital marketing kini tidak lagi bersifat satu arah. 

Keuntungan utama digital marketing ialah Anda dapat menarget pasar yang lebih luas menggunakan biaya yang jauh lebih sedikit dan menggunakan cara-cara yang jauh lebih dapat diukur.

Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Namun tahukah Anda bahwa digital marketing ternyata sudah ada sejak lama? 

Istilah digital marketing memang baru ramai seiring dengan semakin banyaknya penggunaan internet. Namun ternyata teknologi digital sudah mulai dipakai sejak tahun 1910. Pada waktu itu ada sebuah stasiun radio yang menyiarkan secara langsung pertunjukan opera dari gedung Metropolitan Opera di New York dan dapat didengarkan oleh orang-orang di beberapa lokasi yang berbeda di New York menggunakan earphone. 

Perkembangan komputer dan selanjutnya kelahiran internet memperluas pengertian digital marketing. Digital marketing yang ditenagai internet menjadi semakin bertaring dalam menjangkau milyaran orang dengan biaya yang lebih rendah dari sebelumnya. Berbeda dengan sebelum adanya internet, aktivitas digital marketing kini tidak lagi bersifat satu arah.

 

Digital Marketing juga sangat beruna untuk meningkatkan pasar pembeli dalam industri kuliner baik umkm maupun perusahaan besar, oleh sebab itu di butuhkan beberapa cara untuk meng efisiensi kan digital marketing pada industi kuliner. beritu Tips dari kami dilansir dari blog.modalku.co.id :

1. Terhubung Secara Online

Terhubung secara online dalam konteks digital marketing kuliner ini tujuannya adalah mempermudah lebih banyak orang mengetahui eksistensi bisnis Anda. Ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana seperti membuat akun Google Business, memasangkan pin lokasi kedai atau usaha Anda di Google Maps, termasuk juga membuat platform interaksi secara online seperti website atau media sosial.

Tidak hanya informasi, terhubung secara online akan menciptakan interaksi digital seperti kritik, saran, atau komentar. Jika dipelihara dengan baik, interaksi digital seperti ini akan membuat konsumen Anda menjadi loyal.

 

2. Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial adalah salah satu cara digital marketing kuliner yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Menurut data social network penetration di paruh akhir tahun 2019 yang dihimpun oleh Statista, penetrasi media sosial di Indonesia berada di atas 50%. Sementara secara lebih spesifik penetrasi di Facebook dan Instagram adalah 82% dan 79%. Maka tidak heran kalau media sosial dijadikan media untuk melakukan digital marketing kuliner.

Mengelola sosial media bisnis tentu berbeda dengan sosial media pribadi. Pelajari panduan media sosial untuk bisnis!

Media sosial yang bisa Anda pilih untuk bisnis kuliner adalah Instagram. Daya tarik Instagram adalah sajian konten visual, sehingga dianggap ideal bagi bisnis kuliner untuk mempromosikan produknya. Oleh sebab itu, Anda harus siapkan foto dan video yang aesthetic sebagai bahan promosi. Namun selain Instagram, Anda juga bisa memanfaatkan Facebook mengingat Facebook masih menjadi media sosial yang banyak digunakan di Indonesia.

Jika Anda belum memiliki budget untuk menyewa fotografer produk yang profesional, Anda bisa menggunakan smartphone yang Anda miliki. Perbanyak juga referensi foto dan video menarik dengan mengikuti akun kuliner di media sosial yang sudah memiliki jumlah followers yang tinggi.

Tidak hanya visual yang baik, Anda juga harus menyiapkan copywriting yang mendukung unggahan foto atau video produk kuliner Anda di media sosial. Cantumkan informasi yang relevan, seperti deskripsi produk yang sedang diunggah, harga, ukuran porsi, serta cara pemesanannya.

 

3. Bekerja Sama dengan Layanan Pesan Antar Online

Di masa pandemi COVID-19 seperti hari ini, banyak orang akan memilih membeli makanan atau minuman menggunakan jasa pesan antar ketimbang datang langsung ke tempatnya. Melihat dari kebiasaan ini, maka Anda memiliki dua pilihan. Pertama, Anda bisnis kuliner Anda mengembangkan layanan pesan antar secara mandiri, atau yang kedua, Anda bisa bekerja sama dengan layanan pesan antar online yang sudah ada.

Jika ingin lebih praktis dan hemat biaya, Anda bisa memilih opsi kedua. Layanan pesan antar online yang sudah ada sudah lebih siap, dengan begitu kebutuhan calon pelanggan Anda akan terpenuhi. Selain itu, fitur layanan mereka juga menunjang upaya digital marketing kuliner yang sedang Anda lakukan, seperti menawarkan diskon produk dengan pemesanan melalui aplikasi sehingga calon pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli.

Layanan pesan antar online juga menyediakan opsi pembayaran non-tunai yang sesuai dengan kebijakan new normal di masa pandemi COVID-19 ini.

 

4. Himpun Data Pelanggan

Digital marketing kuliner tidak dibuat semata hanya untuk memperluas pasar dan meraup lebih banyak keuntungan, tetapi juga membantu Anda mengenali profil pelanggan Anda. Pengenalan mendalam akan pelanggan Anda dapat digunakan untuk mengembangkan sektor-sektor lain dalam bisnis, seperti kualitas makanan, varian menu, layanan pesan antar, dan pembayaran.

Saat Anda terhubung secara online dengan media sosial atau memiliki akun Google Business, Anda dapat terbantukan dengan mendapat informasi statistik pengunjung secara otomatis. Anda jadi tahu pelanggan dengan rentang usia berapa yang paling banyak mencari bisnis kuliner Anda secara online. Data-data ini bisa jadi tolok ukur yang disebutkan tadi.

Pada intinya, Anda membutuhkan digital marketing untuk mengembangkan bisnis kuliner Anda, apalagi di tengah situasi seperti sekarang dimana orang-orang lebih banyak berinteraksi secara online. Digital marketing akan jadi solusi relevan dan efektif.

Comments

Popular posts from this blog

Menyusun rencana Bisnis

How to Build Image and Reputation of University ?